7 Cara Ampuh Meningkatkan Perofrma Pada Android

7 Cara Ampuh Meningkatkan Perofrma Pada Android

Cara Ampuh Meningkatkan Perofrma Pada Android


Ponsel sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Tak terlepas dari itu beragam aplikasi menarik terus bermunculan, tentu kita pasti akan mendownload jika kita menginginkan aplikasi tersebut terpasang pada ponsel kita.

Namun, beberapa aplikasi membutuhkan ruang penyimpanan atau memakan daya baterai yang tinggi sehingga aplikasi tersebut justru membuat memori ponsel penuh hingga kinerja pada ponsel akan lambat.

Jadi ada baiknya anda selektif dalam memilih aplikasi yang memang anda butuhkan agar tidak berlebihan dalam memasang aplikasi sehingga performa pada android anda tidak akan melambat Karena, Jika hal ini terus dibiarkan, kemungkinan besar ponsel akan memiliki usia lebih singkat.

Berikut Tips dari Klinik Cara, Bagaimana Cara Ampuh Meningkatkan Perofrma Pada Android

1. Hapus aplikasi yang tidak penting

Penggunaan aplikasi yang sangat banyak tentu akan berdampak pada lambatnya kinerja pada ponsel milik Anda. Sehingga semakin banyak aplikasi yang Anda install justru akan membuat memori internal dan RAM Anda penuh tanpa anda ketahui.

Anda dapat menghapusnya pada pengaturan aplikasi di ponsel anda lalu pilihlah aplikasi yang menurut anda penting dan berguna untuk anda gunakan, dan kemudian hapuslah semua aplikasi yang tidak anda perlukan.

2. Nonaktifkan Aplikasi bawaan yang tidak bisa terhapus

Pada smartphone biasanya terdapat beberapa aplikasi bawaan pabrik yang sudah terpasang. Namun salah satu aplikasi tersebut sangat jarang digunakan atau bahkan sama sekali tidak pernah digunakan.

Aplikasi bawaan pabrik biasanya tidak bisa dihapus begitu saja seperti aplikasi biasa. Namun anda dapat menonaktifkannya untuk mencegah penggunaan RAM di belakang layar. Caranya sama seperti menghapus aplikasi seperti biasanya anda hanya cukup masuk ke pengaturan ponsel dan masuk ke bagian aplikasi lalu pilihlah aplikasi mana yang ingin anda nonaktifkan.

Jadi bila anda yakin bahwa aplikasi tersebut memang tidak berguna bagi anda, Anda dapat menghapusnya di pengaturan pada ponsel anda.

3. Jangan menyimpan file berlebihan di penyimpanan internal

Bagi Anda pengguna Android pasti pernah mengalami saat dimana anda tidak bisa mengunduh aplikasi atau file dikarenakan ruang penyimpanan sudah penuh.

Hal itu terjadi karena memori internal anda sudah tidak muat menampung ruang untuk aplikasi tersebut, dikarenakan saat mengunduh aplikasi maka aplikasi tersebut akan terpasang di ruang penyimpanan internal. 

Sehingga apabila penyimpanan internal anda sudah penuh anda akan mendapatkan notifikasi di panel layar kalau ruang penyimpanan sudah penuh. Jadi sebaiknya hindarilah menyimpan file secara berlebihan di penyimpanan internal dan pindahkanlah file-file, foto, lagu anda ke ruang penyimpanan eksternal atau Memory Card.


4. Membersihkan Cache

Aplikasi terkadang akan menyimpan data cached agar dapat dibuka kembali dengan cepat. Namun, lama kelamaan data cached tersebut bisa memakan banyak memori sehingga performa kinerja ponsel akan melambat. 

Cache pada dasarnya membantu proses transfer data pada aplikasi atau peramban tetapi di sisi lain cache juga akan memenuhi kuota memori. Itulah sebabnya terkadang kita memilih untuk membersihkan cache agar kinerja ponsel semakin meningkat.


Agar kinerja ponsel anda sedikit lebih meningkat, sebaiknya anda mengosongkan cache pada pengaturan di ponsel anda. Masuk ke Settings > Pengaturan Aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang biasanya menyimpan banyak cache. Biasanya Youtube, Instagram, Facebook, Chrome paling banyak menyimpan cache. pilih aplikasi tersebut lalu kosongkan cache dengan menekan clear cache.

5. Nonaktifkan Auto-Sync

Beberapa pengguna Android pasti sering memasang banyak akun pada ponselnya, baik berupa media sosial, e-mail dan lainnya. Akun-akun tersebut umumnya terpasang dalam kondisi auto-sync menyala. 

Auto-sync adalah fitur yang berguna agar aplikasi otomatis menarik data terbaru dalam durasi tertentu, contohnya untuk menerima email. Meski berguna, jika sudah terlalu banyak aplikasi yang memakainya, maka auto-sync juga cenderung membuat ponsel menjadi lambat. Jadi, solusinya adalah memilih dan mematikan auto-sync pada aplikasi tertentu. Terutama yang tidak terlalu banyak membutuhkannya.


6. Factory Reset

Alternatif lain yang sangat mudah untuk Meningkatkan Performa Pada Android Anda adalah dengan melakukan Factory Reset. Ini akan membuat software ponsel kembali pada kondisi saat Anda baru membelinya dan membersihkan segala data yang ada di dalamnya. 

Tapi pastikan anda sudah membackup file-file anda. Karena ini akan menghapus semua aplikasi dan data pada ponsel anda sehingga Anda harus mengunduh ulang beberapa aplikasi kesayangan anda. 

7. Matikan Auto Update

Terkadang aplikasi pada android akan terupdate otomatis pada playstore. Selain untuk meningkatkan performa yang baik bagi aplikasi itu sendiri kadang malah justru aplikasi tersebut semakin memakan banyak ruang pada memori sehingga memori anda akan penuh dan berakibat pada kinerja ponsel anda. Masuklah ke playstore > Setelan > Update Aplikasi secara otomatis > Kemudian pilihlah Jangan Update otomatis.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2022

Klinikcara