Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Memulai Bisnis Online merupakan hal yang mudah untuk dilakukan sekarang ini, selain banyak layanan atau platform yang menyediakan marketplace yang memudahkan siapa saja untuk memulai Bisnis Online dengan mudah.

Sebetulnya untuk memulai Bisnis Online kamu tidak perlu memiliki pengetahuan coding, selama dalam niat kamu hanya fokus dan konsisten untuk terjun ke Bisnis Online dan menawarkan produk-produk terbaik yang kamu miliki.

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula


Memang memiliki sebuah website sendiri untuk menawarkan produk adalah hal yang sangat penting guna meningkatkan profesionalitas Bisnis Online kamu. Tapi yang akan menjadi masalah jika kamu tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam bidang website, justru ini akan menjadi hambatan bagi kamu.

Sekarang ini banyak sekali marketplace yang menyediakan layanan gratis untuk menawarkan produk-produk bagi siapa saja yang ingin menjual produknya, antara lain seperti Ebay, Amazon, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, BliBli, dan masih banyak lainnya.

Memulai Bisnis Online Pertama Kamu

Sebelum memulai Bisnis Online, Sebaiknya tentukan terlebih dahulu produk dan target pasar agar memudahkan kamu dalam memasarkan produk-produk yang kamu miliki. Jika kamu sudah memiliki Toko fisik, maka fokuslah untuk menjual produk-produk yang telah kamu miliki dan kalau kamu belum memiliki barang untuk di jual maka tentukan kira-kira barang atau produk seperti apa dan kepada siapa produk kamu ditujukan.

Menentukan sebuah produk ketika membangun sebuah Bisnis Online merupakan tantangan tersendiri bagi siapapun yang ingin memulainya. Perlu di ingat, memilih produk merupakan sebuah hambatan yang sewaktu-waktu akan menjadi kendala besar bagi kamu jika tidak memikirkan matang-matang  dan melihat persaingan pasar, sebab setiap tindakan selalu ada resiko yang akan kamu hadapi.

Sebaiknya tawarkan produk yang sesuai dengan passion kamu, dan amati situasi pasar apakah kira-kira memiliki peluang atau tidak. Dan amati lagi kalau ada kira-kira seberapa besar peluang yang dapat kamu miliki, dan sebaliknya kira kira sekecil apa peluang yang dapat kamu miliki.

Persaingan pasar yang ketat bukan berarti kamu tidak memiliki peluang  untuk menjual produk-produk kamu. Jika kamu mampu menawarkan produk dan layanan terbaik yang kamu miliki serta ide-ide yang dapat meningkatkan penjualan Bisnis Online kamu, Maka jangan pernah ragu untuk memulai.

Buatlah Nama Bisnis Online Kamu Mudah di Ingat

Memberikan nama untuk Bisnis bukanlah suatu hal yang mudah. Jika kamu serius membangun Bisnis Online jangka panjang maka sebaiknya gunakanlah nama yang tepat dan mudah diingat oleh siapapun, karena ini akan berperan meningkatkan Elektabilitas Bisnis kamu kedepannya.

Jika suatu saat kamu ingin menjual produk kamu melalui website maka pastikan nama tersebut tersedia di Top Level Domain (TLD) seperti .com, .co.id, web.id, .id dan sebagainya.

Kalau kamu kesulitan menentukan nama Bisnis Online kamu, maka sebaiknya jangan terburu-buru untuk menentukan nama Bisnis Online kamu. Kamu dapat mencoba untuk menggabungkan dua atau beberapa kata sehingga membentuk sebuah nama yang mencerminkan Bisnis Online kamu.

Setelah mendapatkan nama yang tepat sesuai dengan Bisnis Online kamu, maka selanjutnya adalah menggambarkan Bisnis kamu dalam bentuk gambar visual atau logo. Karena Logo juga berperan  penting agar Bisnis Online Kamu menjadi lebih menarik dan memberikan identitas tersendiri sama seperti nama Bisnis yang telah kamu buat sebelumnya.

Jika kamu tidak memiliki keahlian desain grafis yang memadai, sebaiknya mintalah ahlinya untuk membuatkan logo untuk Bisnis Online kamu.


Membuat Online Shop

Setelah Bisnis Online Shop kamu memiliki nama dan logo yang pas, maka selanjutnya adalah membuat marketplace untuk menjual produk kamu. 

Marketplace merupakan sebuah tempat jual beli produk dimana penjual dan konsumen bertemu di suatu tempat. Penjual akan menjual barangnya di lapak yang sudah disediakan oleh e-commerce dengan konsep marketplace

Kurang lebih Marketplace adalah tempat dimana bertemunya penjual dan pembeli disuatu tempat sama seperti pasar yang dimana bertemunya penjual dan pembeli, Jadi jangan bingung lagi sama istilah Marketplace ya.

Seperti yang sudah Klinikcara jelaskan sebelumnya, jika kamu kurang memiliki pengetahuan coding maka sebaiknya kamu dapat mencoba menjual produk kamu di beberapa marketplace berikut ini:
  • https://ebay.com
  • https://amazon.com
  • https://lazada.co.id
  • https://bukaLapak.com
  • https://blibli.com
  • https://tokopedia.com
  • https://olx.co.id
  • https://shopee.co.id
  • https://jd.id
  • Dan sebagainya

Kenapa? alasannya simpel, kamu hanya perlu mendaftar (gratis) pada masing-masing marketplace lalu kamu dapat langsung menjual produk-produk kamu. Jadi, gak perlu modal terlalu besar untuk membangun website terlebih dahulu.

Jika kamu sudah memiliki website sendiri, tingkatkanlah promosi-promosi ke media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Atau kamu dapat mengiklankan website kamu untuk meningkatkan pengunjung di Google AdWords, Facebook Ads dan Instagram Ads.

Pastikan Website kamu SEO Friendly baik Onpage atau Offpage, karena SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan demikian bila suatu situs atau blog berada posisi teratas dalam hasil pencarian maka memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung.


Promosikan Bisnis Online Kamu Secara Rutin

Seperti yang sudah Klinikcara jelaskan sebelumnya, untuk mempromosikan Online Shop atau produk, Kamu harus memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi secara gratis. Bagikan produk-produk unggulan kamu ke Facebook, Twitter dan Instagram atau media sosial lainnya. 

Namun, untuk sekarang ini Instagram sepertinya telah menguasai posisi teratas sebagai tempat terbaik untuk mempromosikan Bisnis Online. Sebab, hampir setiap jamnya milyaran orang menggunakan Instagram. Kamu dapat meminta akun-akun besar untuk mempromosikan akun Online Shop kamu (Endorse) atau memasang iklan sendiri di Instagram.

Manfaatkan juga Facebook dan Twitter sebagai media promosi produk kamu, serta jangan lupa juga untuk mempromosikan Online shop atau produk terbaik kamu di layanan penyedia Iklan seperti Google AdWords, Facebook Ads dan Instagram Ads.

Jika kamu tidak memiliki modal yang besar untuk promosi, fokuslah di media sosial dan teraturlah untuk mempromosikannya. Perlu diingat, jangan promosi yang berlebihan karena akan berdampak ke profesionalitas Bisnis Online kamu, Sebaiknya aturlah waktu yang tepat dan berapa kali dalam seminggu melakukan promosi di media sosial agar menguntungkan dan tidak merugikan orang lain karena Spam yang kamu perbuat.


Konsistenlah ketika Berbisnis

Menjaga konsistensi bisnis adalah hal penting.  Dengan adanya konsistensi, bisnis yang sedang kamu jalani akan dapat semakin berkembang. Kejenuhan sering dirasakan pebisnis pemula maupun yang sudah lama. Hal ini dapat disebabkan karena income yang tidak sebanding, komplain pelanggan, dan deadline yang harus diselesaikan. Akan sangat disayangkan kalau seorang pebisnis secara terus-menerus terjebak dalam kejenuhannya. Jika kamu jenuh dalam berbisnis, berikut 7 Tips Agar Tetap Konsisten Dalam Berbisnis
  1. Lakukan pekerjaan dengan maksimal, jangan ditunda
  2. Hindari pikiran negatif
  3. Coba hal baru yang menunjang
  4. Naikkan level kerja
  5. Terus belajar
  6. Libatkan orang-orang di sekitar
  7. Bertukar informasi bisnis

Demikianlah, Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula. Semoga artikel ini dapat membantu kamu saat ketika ingin Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula. Jangan lupa tinggalkan komentar kamu dibawah ini dan jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-teman kamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula"

Posting Komentar

Dilarang keras berkomentar SARA, Politik, Promosi, Link aktif di Website ini. Silahkan berdiskusi dengan menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel