Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula

Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula

Kalau kamu nyasar ke artikel ini karena ingin terjun ke dunia blogging dan ingin belajar cara membuat blog, maka ini adalah salah satu artikel yang tepat sebagai refrensi untuk memulai karirmu di dunia blog. Mungkin alasan kamu memilih menjadi seorang blogger terinspirasi setelah mengunjungi beberapa situs blog ternama. atau mungkin kamu tertarik menjadi seorang blogger karena katanya bisa menghasilkan uang? hmm.

Lupakan terlebih dahulu tujuan anda menjadi seorang blogger hanya karena uang. Masih banyak hal yang harus anda pelajari lagi jadi bagi kamu yang pemula silahkan simak postingan saya kali ini.
Sebelum kita memulai cara membuat blog, Sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu apa sih perbedaan antara blog dan website?

Perbedaan Blog dan Website

Mengenal perbedaan antara blog dan website
Sumber gambar: Any_Scratchers 

Secara umum blog dan website sekilas terlihat sama, akan tetapi bila di telusuri lebih jauh sebenarnya terdapat perbedaan antara blog dan website. Perbedaan inilah yang sering kali membuat para pemula merasa sedikit kebingungan mengenai perbedaan blog dan website.

Sebuah blog biasanya memuat berbagai macam pembahsan yang menarik. Topik-topik tersebut biasanya berupa pembahasan seputar hobi, teknologi, gaya hidup, dan sebagainya. Sebuah blog biasanya menjadi seperti sebuah majalah digital dengan berbagai artikel menarik bagi pembacanya setiap hari. Karena blog terus mengupdate kontennya secara berkala dan teratur sesuai topik pembahasannya.

Sebuah website biasanya mewakili suatu brand, perusahaan, produk dan layanan. Dengan kata lain, website hanya fokus pada layanan yang mereka tawarkan. Namun website juga memiliki konten agar website tersebut dapat bersaing dengan blog dan muncul di SERP ketika pengunjung mengetikkan suatu kata kunci yang serupa dengan produk website tersebut. Biasanya isi konten pada website tidak selalu update seperti sebuah blog pada umumnya.

Baca Juga: Mengenal lebih lanjut istilah-istilah umum pada website

Tips Penting Sebelum Memulai Ngeblog

Tips Penting Sebelum Memulai Ngeblog


Setelah Mengenal Perbedaan blog dan website saya akan memberitahukan sedikit kepada kamu sebenarnya membuat blog itu adalah hal mudah, yang sulit itu gimana caranya blog supaya berjalan dengan lancar dan menghasilkan uang. Baiklah sepertinya disini hapus dulu khayalan kamu tentang uang, Point utamanya adalah bagaimana agar blog kamu mampu setidaknya memiliki visitor perharinya. 

Perencanaan blog itu luar biasa pentingnya, supaya kamu tidak buang-buang waktu, uang, dan tenaga. Maka dari itu, sebelum kita masuk ke cara membuat blognya, kita akan bahas dulu persiapannya.

Karena biasanya blogger pemula terobsesi sekali untuk memulai debutnya sebagai blogger karena bisa menghasilkan uang, namun sebenarnya ada banyak hal yang perlu kamu pelajari dan ketahui terlebih dahulu agar blog nya sukses dan bisa menghasilkan. Jadi buang jauh-jauh dulu khayalan kamu tentang uang, fokuslah apa yang kamu lakukan dan anggap saja ngeblog ini adalah hobi.

1. Menentukan konsep blog

Menentukan konsep blog yang baik dan tepat
Sumber gambar: Fredrik Andresen


Sebelum mulai membangun sebuah blog, pikirkan terlebih dahulu rancangan sedetail mungkin dari konsep yang ingin kamu terapkan pada blog kamu nantinya

Biasanya disinilah para blogger pemula akan merasa bingung ketika membuat konsep pada blognya. Namun tidak bagi blogger dadakan yang hanya dipikirannya uang dan uang, mereka tidak akan memikirkan sampai ke hal sepele seperti ini.

Ini adalah fakta, sering terjadi bagi seorang pemula disaat ia membuat sebuah konten namun belum tahu pasti apa dan bagaimana dan mengarah kemana konten tersebut. Dan akhirnya mulai bingung dan kewalahan saat sudah ditengah-tengah memulai debutnya sebagai seorang blogger.

Sebaiknya, tentukan terlebih dahulu blog seperti apa yang ingin kamu buat serta konten apa yang kira-kira sangat sesuai dengan blog yang akan kamu buat nantinya.

Misalkan begini, kamu ingin fokus membahas konten seputar Teknologi pada blog kamu, lalu yang menjadi pertanyaannya adalah kira kira konten Teknologi seperti apa yang harus saya buat?. Nah, pernah gak terbayang di benakmu seandainya kamu ingin membahas Teknologi mulai dari pembahasan apa dan sampai mana saja. Benar tidak?

Jadi pikirkanlah matang-matang sebelum memulai, agar tidak kewalahan di tengah perjalanan kamu sebagai seorang blogger. Tapi jangan khawatir, Guru terbaikmu adalah kesalahan dari dirimu sendiri haha.

2. Tentukan penyedia layanan domain dan hosting

Penyedia layanan domain dan hosting murah
Sumber gambar: Reach Accountant

Domain merupakan identitas pada blog kamu. Oleh karena itu sebisa mungkin buatlah nama domain sekreatif dan semenarik mungkin agar nama domain kamu mudah diingat oleh pengunjung blog.
Untuk domain sendiri sudah banyak sekarang layanan-layanan lokal di indonesia menawarkan layanan hosting dan domain yang pasti harganya sangat ekonomis, dan hosting adalah sebuah memori penyimpanan untuk menampung seluruh file-file pada blog anda. Jika anda tidak ingin membeli domain, silahkan lanjut ke langkah selanjutnya.

Berikut, beberapa layanan domain dan hosting terbaik lokal dan internasional yang sangat saya rekomendasikan untuk membangun blog kamu.

Masih banyak penyedia layanan domain dan hosting murah lainnya. Namun, saya sendiri baru menggunakan layanan dari Crazydomains, Uk2 dan Niagahoster.

3. Memilih platform yang sesuai untuk blog kamu

Bagusan blogspot apa wordpress?
Sumber gambar: Giphy

Setelah kamu sedikit memahami ulasan diatas, maka tahap kali ini kamu harus memahami platform apa yang sesuai dengan skill dan kebutuhan kamu. Platform yang disarankan untuk kamu seorang pemula sebenarnya adalah blogger. Kenapa?

Blogger
Kalau kamu baru dalam dunia blogging, dan masih kurang pengetahuan mengenai koding dan sebagainya maka saya sarankan sebaiknya kamu menggunakan platform blogger yang disediakan oleh google secara gratis. Kamu dapat login ke blogger menggunakan akun gmail.

Baca juga: Cara membuat akun gmail

Untuk blogger sendiri memiliki interface yang user friendly sehingga memudahkan kamu untuk memanage blog kamu, kamu juga dapat menentukan subdomain yang kamu inginkan dan untuk template sudah disediakan gratis oleh blogger, namun kalau kamu ingin template lain yang lebih menarik juga banyak tersedia di google gratis.

Wordpress
Kalau kamu memiliki wawasan yang lebih dalam maka wordpress adalah pilihan yang tepat karena wordpress adalah sebuah cms yang banyak digunakan blog-blog besar dikarenakan wordpress memiliki keunggulan yang lebih dari blogger dari segi fitur dan plugin.
Namun untuk menggunakan wordpress kamu mungkin membutuhkan biaya untuk menyewa hosting, karena wordpress adalah self hosted yang artinya kamu punya hak kepemilikan penuh. Namun kamu masih bisa menggunakan layanan hosted wordpress. Tapi, kamu tidak dapat mengganti tampilan atau template sebelum kamu upgrade ke layanan berbayar wordpress dan untuk layanan gratis ini sepertinya blogger lebih unggul sepertinya.

4. Memilih template blog

Cara Memilih template blog yang baik dan benar

Sebenarnya bebas saja dalam menentukan template blog kita, selama kita bisa memposting konten yang kita tulis dalam sebuah blog. Untuk template sendiri sebenarnya tergantung selera masing-masing, mulai dari tampilan, kolom, dan semacamnya yang kita pilih agar blog kita terlihat menarik.

Namun, kamu juga harus memperhatikan struktur template yang akan kamu gunakan. Apakah sudah sesuai dengan ketentuan search engine dan tentunya keinginan para pembaca? Karena tidaklah mungkin kita memiliki template yang bagus, tapi hanya kita saja yang memandang karena blog sepi tanpa pengunjung, dikarenakan template blog penyebabnya yaitu tidak SEO Friendly.
  • Responsive
    Template yang tampilannya bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kita gunakan, semisal dibuka di ponsel atau gadget, ukuran template ini secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran perangkat. Jadi kita tidak perlu melakukan zooming terhadap artikel atau gambar yang terlihat di area postingan.
    Manfaatnya sangat besar sekali, karena google akan mengacu kepada MobileGeddon, yaitu blog yang mobily friendly atau ramah dalam  penggunaan pada ponsel.
  • Clean & User Friendly
    Template yang sederhana, minimalis dan bersih sangat disukai google. Selain nyaman dan enak dipandang, akan terlihat rapi dan tidak acak acakan. Pengunjung pun akan merasa lebih memahami isi dari blog kamu dari halaman per halaman.
  • Fast loading
    Kecepatan loading blog yang lambat akan memperburuk masa depan blog kamu sendiri, selain pengunjung juga tidak sabar menunggu, template blog yang lamban juga buruk dimata SEO. Jadi pilihlah template yang loadingnya cepat.

5. Memulai Membuat Blog Pertama Kamu

Belajar Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Bagi Pemula
Sumber gambar: karachicorner.com


Setelah kamu paham betul penjelasan di atas, berarti kamu telah siap memulai blog pertama kamu .

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger

  1. Kunjungilah https://www.blogger.com
    Langkah-Langkah Untuk Membuat Blog
  2. Setelah itu klik tombol oranye yang bertuliskan Create Your Blog
  3. Kemudian loginlah menggunakan akun google kamu
    Langkah-Langkah Untuk Membuat Blog
  4. Setelah masuk pada dashboard, klik tombol panah bawah
  5. Lalu klik New blog
    Langkah-Langkah Untuk Membuat Blog
  6. Pilihlah nama domain yang anda inginkan
    Langkah-Langkah Untuk Membuat Blog
    NB: Domain business yang tertera pada gambar ini bukan domain yang disediakan gratis oleh blogger, melainkan domain berbayar yang pernah saya beli di google.
  7. Setelah itu klik Create Blog! dan blog pertama kamu sudah jadi

Cara membuat blog menggunakan Wordpress (hosted)

  1. Kunjungilah https://wordpress.com, kemudian klik get started pada laman utama
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress
  2. Isilah detail blog kamu mulai dari nama hingga topik pada blog kamu
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress
  3. Tentukan nama subdomain blog kamu , karena kamu menggunakan layanan free maka kamu hanya dapat memakai subdomain yang berdomain wordpress.com. Jika Kamu ingin membeli domainnya langsung kamu dapat membelinya dengan beberapa saran nama domain yang berkaitan dengan blog kamu
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress
  4. Setelah memilih nama subdomain atau nama domain, maka kamu akan melihat layanan yang ditawarkan oleh wordpress. Untuk contoh kali ini kita akan memilih layanan free alias gratis.
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress
  5. Kalau belum memiliki akun wordpress silahkan daftar dulu atau kamu dapat langsung masuk menggunakan akun google kamu
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress
  6. Konfirmasikan akun yang telah kamu buat tadi dengan mengklik tautan konfirmasi pada email
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress
  7. Setelah itu klik konfirmasikan alamat email
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress
  8. Selesai, Blog wordpress pertama kamu sudah jadi.
    Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Gimana untuk membuat blog sangat mudah bukan? Demikian Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula, jadi sebaiknya sebelum kamu menjadi blogger dadakan pelajari dulu beberapa penjelasan diatas ini ya. Berhubung artikel ini sangat lengkap jadi tidak perlu terburu-buru untuk membaca semuanya karena cukup panjang dan komplit. Silahkan bookmark halaman ini, supaya kamu masih dapat membacanya dilain waktu.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2022

Klinikcara