11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Mengoding

11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Mengoding

11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Mengoding


Kalau Anda adalah seorang yang tahu bahasa pemrograman atau sedang belajar bahasa pemrograman, tentu anda harus wajib memliki text editor yang terbaik yang membuat anda nyaman saat coding.

Text editor adalah sebuah software yang sering digunakan oleh seorang programmer saat menulis sebuah kode program atau potongan kode yang sedang dibuat dan juga sering digunakan oleh seorang web designer untuk menciptakan halaman web yang sedang didesain.

Text editor  pada umumnya memiliki fungsi untuk menulis kode program dan tanpa disertai compiler yang terintegrasi. Di dalam sebuah text editor biasanya terdapat beberapa fitur umum seperti syntax highlighting, search dan replace sintaks, memberikan komentar pada sebuah blok kode program, code folding, line number, line marking, snippet, dan semacamnya.

Namun dari beberapa jenis Text editor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan justru ini akan berpengaruh terhadap seorang programmer agar bisa lebih terasa nyaman saat sedang menulis bahasa pemrograman.

Kali ini Klinik Cara akan merangkum 11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Mengoding. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.
  1. Sublime Text

    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding

    Sublime Text adalah teks editor terbaik dengan fitur dan kinerja yang luar biasa, selain ringan dan antar muka yang sangat sederhana dan dapat disesuaikan dengan keinginan, juga tersedia banyak plugin yang bisa di download di internet lalu memasangnya

    Text editor ini tersedia untuk Mac, Windows, dan Linux. Ini dibangun dari komponen khusus, menyediakan respons yang tak tertandingi dan dilengkapi dengan semua fitur luar biasa yang Anda harapkan dari Text editor satu ini.

  2. Visual Studio Code

    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding

    Visual Studio Code dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows, Linux, dan macOS. Ini adalah Text editor paling populer di kalangan Developer atau Programmer. Hampir semua jenis bahasa pemrograman dapat dijalankan di Visual Studio Code ini.  kemampuan code editor ini adalah sangat powerfull pada kelengkapan toolnya dalam fungsi dan kegunaannya yang optimal.

    Menurut survei 2017 Stack Overflow, 24% pengembang web menggunakan alat ini, meletakkannya di posisi # 5 di belakang Sublime Text dan Vim. Visual Studio Code menyediakan dukungan pengeditan dan debugging yang komprehensif, model ekstensibilitas, dan integrasi ringan dengan alat yang ada.

    Visual Studio Code memungkinkan mengubah halaman kode di mana dokumen yang aktif disimpan, karakter yang mengidentifikasi jeda baris, dan bahasa pemrograman dari dokumen aktif. Alat ini gratis dan bersumber terbuka, meskipun unduhan resmi berada di bawah lisensi kepemilikan.

  3. Atom

    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding


    Atom adalah Text Editor multiplatform (Windows, Linux, dan Mac) yang dapat digunakan secara gratis. Atom sangat cocok bagi anda programmer pemula ataupun menengah keatas. Text Editor ini memiliki semua fitur yang dapat Anda minta dalam Text Editor seperti konteks sistem pelengkapan otomatis, auto deteksi bahasa, penyorotan sintaks, kemungkinan menggunakan panel yang berbeda dan masih banyak lagi.

    Text editor ini sangat mudah untuk disesuaikan, dan Anda dapat mencari dan menginstal paket baru untuk memulai dengan kustomisasi Anda.

  4. Notepad++

    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding


    Notepad ++ adalah Text editor terbaik dan paling popluer dengan tingkat skill menengah keatas, yang berjalan di sistem operasi Windows yang didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Notepad++ mendukung banyak bahasa, di antaranya Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan lainnya.
    Ini sangat serbaguna dalam melihat semua jenis file dan memiliki banyak sintaks sintaks bahasa pemrograman built in.

  5. Coda


    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding
    Coda mungkin adalah salah satu editor pengembangan dan pemrograman web yang paling disukai bagi pengguna Mac. Coda terkenal dengan antarmuka yang terlihat sangat bagus, dan fitur canggih yang cerdas. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengedit file lokal atau jauh, mengelola proyek, bekerja pada banyak file sekaligus dengan mudah beralih antar tab. Coda juga memiliki terminal, debugger, preview dan inspektur web kit, dan begitu banyak fitur mengagumkan. 

    Untuk menggunakan Coda anda dikenakan biaya sebesar $ 99 untuk satu lisensi tunggal dan tetapi itu benar-benar harga yang pantas dan sesuai dengan performa yang ditawarkan Text Editor satu ini.

  6. Dreamweaver
    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding


    Dreamweaver adalah alat pengembangan web eksklusif yang dikembangkan oleh Adobe. Perangkat lunak ini tidak hanya dirancang dengan pengguna tingkat lanjutan tetapi juga untuk pemula. Ini adalah program yang mudah digunakan untuk pengembang baru dan menengah. 

    Dengan Dreamweaver Anda dapat dengan mudah mengelola, mengkode dan membangun situs web yang kompleks menggunakan HTML, JavaScript, dan bahasa pemrograman sisi server.

  7. TextMate
    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding

    TextMate menjanjikan untuk membawa pendekatan kepada Pengguna Mac OS untuk menggunakan Text Editor menjadi lebih mudah. TextMate adalah Text editor yang sederhana namun kaya akan fitur menarik untuk Mac OS. Pengelolaan papan klip yang mudah, pencarian dan penggantian yang canggih, pelengkapan otomatis, blok kode yang dapat dilipat, dan masih banyak fitur hebat dari TextMate lainnya.


  8. BlueFish

    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding

    Bluefish memiliki beberapa keunggulan, seperti memiliki fitur pencarian yang canggih, fungsi undo/redo yang tidak terbatas, juga dapat membuka puluhan file secara bersamaan, dan masih banyak fitur hebat lainnya.

    Dari segi tampilan, Bluefish memang tidak semenarik Notepad++ atau Sublime Text. Namun jika anda hanya ingin menuliskan kode pemograman, Bluefish adalah salah satu pilihan karena ditujukan untuk pemakai yang fokus dalam pemrograman web. Fitur untuk HTML5 hingga CSS telah tersemat dengan baik dan pastinya cross platform yang tersedia di Windows, Linux, dan Mac OS.


  9. Brackets

    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding

    Brackets merupakan code editor opensource yang mengarah pada web developer terlihat jelas dari deskripsinya menyebutkan modern and web design, diliat antarmukanya code editor ini mempunyai tampilan yang lumayan modern dan brackets memiliki kemampuan  yang tidak dimiliki dari code editor lainnya adalah dalam menyediakan tool yang sangat mendukung dalam pemrograman web seperti live preview dimana kita dapat langsung melihat hasil dari script yang kita tulis. Dari sisi kinerja brackets menurut saya masih kalah sedikit di bandingkan dengan sublime text

  10. Vim

    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding

    Vim adalah Text Editor Open Source yang dirancang untuk bekerja dengan kode pemrograman di Unix dan tersedia untuk Mac, Windows, dan Linux. Ini berusaha untuk menyediakan kekuatan dari editor Unix de-facto 'Vi', dengan set fitur yang lebih lengkap.

    Vim memiliki banyak fitur dan standarnya sangat dipikirkan dengan baik sehingga Anda benar-benar tidak perlu mengubah apa pun.

  11. Ultra Edit

    11 Text Editor Yang Akan Membuat Anda Nyaman Saat Coding

    UltraEdit merupakan salah satu Text editor terbaik yang tak kalah hebat dari Visual Studio Code. Keunggulan dari UltraEdit ini tersedia diberbagai sistem operasi seperti Linux, Max Os, dan Windows.

    Seperti text editor lainnya, fitur-fitur UltraEdit sangat lengkap. Beberapa keunggulan UltraEdit, di antaranya 64 bit file handling, unicode support, disk based text editing, large file handling, multiline find dan replace, spell checker, dan lainnya. Namun, jika Anda ingin menggunakan seluruh fitur-fitur handal dari UltraEdit, anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu.
Dari Ulasan diatas, Menurut anda manakah Text Editor favorit anda sehingga anda merasa lebih nyaman saat anda membuat bahasa pemrograman?

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2022

Klinikcara